227

√ Cara Cepat & Mudah Daftar Adsense YouTube Terbaru

Cara Daftar Adsense YouTube salah satu caranya dengan menghubungkan antara akun sobat dengan adsense. Selain itu pastikan jika konten yang sobat miliki itu benar-benar menarik dan asli supaya pengunjung tertarik dengan chanel sobat.

Namun mendaftar ke adsense youtube ini bukanlah hal mudah, karena persyaratan utamanya chanel yang dikelola minimal harus ditonton 4.000 jam dalam waktu 12 bulan dan subcriber mencapai 1000.

Bahkan setelah itu masih di review chanel sobat sebelum benar-benar sebagai partner adsense youtube. Banyak peluang yang bisa sobat dapatkan jika bergabung dengan youtube.

Tidak menutup kemungkinan bila pengunjung yang banyak uang yang akan diterima bisa mencapai puluhan juta rupiah. Mari kita sama-sama pelajari kebijakan Adsense agar bisa maksimal dalam pengembangan chanel, antara lain sebagai berikut :

Apa Itu Google Adsense?

apa itu google adsense

Adsense ialah platform periklanan yang melalui sarana media internet yang diadakan oleh Google. Dengan adanya program ini maka pemilik chanel youtube atau website yang sudah mendaftar dan telah disetujui sebagai publisher diperkenankan memasang iklan.

Dengan ini setidaknya chanel youtube yang dikelola bisa mendapatkan income uang dari iklan yang ditayangkan dan di klik oleh pengunjung. Keuntungan yang didapatkan ini dengan sistem pay per click (ppc) artinya bayar per klik.

Kantor pusatnya di mountain view, california amerika serikat. Pendirinya ialah Pyra Labs dan pada tahun 2003 pihak Google mengakuisisi. Sejak awal didirikan Unit Adsense For Conten sudah didukung dengan bahasa Inggris dan beberapa kawasan eropa lainnya, selain itu juga seperti timur tengah asian timur serta salah satu negara asia tenggara yakni Thailand.

Pada akhirnya tanggal 1 februari 2012 google adsense mengumumkan secara resmi bahwasanya bahasa indonesia sekarang bisa menampilkan unit iklan adsense.

Syarat-syarat Daftar Google Adsense Youtube

Syarat daftar google adsense

Adsense Youtube salah satu sumber penghasil uang yang menjanjikan, tidak heran apabila sobat menemukan chanel rata-rata mengaktifkan iklan pada video chanelnya.

Namun sebelum memerikan keanggotaan YouTube memberikan persyaratan sebelum video tersebut bisa di monetisasi, beberapa syarat ialah jumlah subscriber, akun terverifikasi, tidak melakukan spam dan 4000 jam tayang dalam kurun waktu 12 bulan.

Eh jangan kabur dulu, masih ada penjelasan nih dari kami agar bisa cepat mendaftar adsense YouTube.

Verifikasi Akun

Pastikan Gmail sobat sudah terhubung dengan YouTube, apabila sudah langkah seterusnya ialah mengunggah video berdurasi panjang apa harus lebih dari satu jam?

Bukan seperti itu. Platform YouTube menganggap video yang durasi-nya lebih dari 15 menit merupakan berdurasi panjang. Bila video yang hendak di upload lebih dari itu lakukanlah verifikasi dahulu.

Langkah pertama yakni membuka halaman upload, kemudian klik tulisan “Increase Your Limit“. Pada Tahap kedua ini terdapat dua pilihan yakni berupa kode verifikasi dan pesan suara/teks.

Validasi Akun

Validasi ini merupakan lanjutan dari metode verifikasi akun, sesudah mendapatkan kode dari YouTube, sobat masukan saja kode itu ke dalam from yang tersedia lalu tekan “SUMBMIT”

Proses ini akan dikatakan berhasil apabila pada profil akan terdapat teks “PARTNER VERIFIED”

Alangkah baiknya bila sobat menyelesaikan verifikasi ini supaya dapat mengunggah video lebih dari 15 menit. Hal ini untuk berjaga-jaga agar suatu saat tanpa melakukan verifikasi lagi.

4000 Jam Tayang

Nah selanjutnya akun sobat harus memiliki jam tayang lebih dari 4000 jam sebagai syarat daftar adsense YouTube. Jadi selama satu tahun target pengunjung menonton 4000 jam, maka sobat membuat konten yang unik dari kualitas video dan pastinya tak membosankan ya.

Mungkin sebagai pemula membutuhkan waktu yang lumayan lama tak hanya 1-2 bulan saja bahkan bisa mencapai waktu 5-7 bulan agar sampai proses tersebut.

1000 Subscriber

Bukanlah hal mudah untuk memiliki 1000 subs, walaupun rata-rata setiap orang memiliki smartphone tapi belum tentu konten kita sesuai yang diharapkan pengunjung. Salah satunya cara sobat bisa membagikan link konten ke media sosial dan status Whatsapp agar memangkas waktu promosi Chanel YouTube-nya.

Baca Juga : Penyedia Iklan Selain Adsense 

Selain itu beberapa hal yang mesti sobat perhatikan ialah pembuatan konten menarik, keaslian dan tidak monoton. Maksud dari monoton ini tidak terlalu garing jadi bisa di kasih hal hal yang lucu. Insyaallah bila hal ini diaplikasikan dalam jangka yang tidak lama persyaratan bisa sobat capai.

Cara Daftar Google Adsense Youtube

Cara daftar Adsense youtube terbaru

Untuk bergabung dengan Adsense sobat wajib memiliki akun YouTube. Sebelum membuat akun YouTube ialah menggunakan Gmail. Sudah dipastikan sobat memilikinya ya.

Langsung saja masuk ke YouTube.com dengan email yang aktif ya sob. Hal yang dilakukan adalah menekan Icon Profile >> Setting.

Langkah berikutnya kembali klik Icon Profile>> Creator Studio” ini untuk masuk ke dalam studio dashboard akun kita sendiri.

Creator Studio adalah dasbor yang dikembangkan oleh google untuk memudahkan content creator video di platform YouTube.

Dashboard Creator Studio Youtube

dashboard creator studio

https://wersm.com/youtube-studio-available-to-all-creators/

Mengenai dasbor ini menyediakan akses untuk memoderasi beberapa hal seperti mengunggah video, analitik pengunjung, komentar dan mengedit thumbnail juga.

Kembali ke topik utama cara daftar adsense youtube, sobat bisa mengajukan akun adsense walau belum ada video yang diunggah. Langsung saja tekan Other features>> Monetization.

Halaman ini merupakan tahap-tahap yang harus sobat lakukan guna mendaftar YouTube Adsense. Adapun 4 tahap dari YouTube, berikut syarat-syaratnya :

  • Persetujuan YouTube Partner Program
  • Menghubungkan Akun YouTube sama Adsense
  • Mengatur Pilihan Monetisasi
  • Review sesudah mendapatkan 4000 jam tayang & 1000 Subscriber.

Kurang lebihnya seperti diatas untuk daftar ke google adsense youtube. Bagi sobat yang belum memiliki akun akan dibantu membuatnya, sedangkan yang sudah memiliki cukup dengan menghubungkan, jadi tidak perlu mendaftar dari awal sob.

Cara Setting Iklan Youtube

Setidaknya ada 4 jenis tampilan iklan yang disediakan oleh YouTube seperti Overlay Ads, Display Ads, Sponsored Card dan Skippable Video Ads. Dari keempat tersebut yang paling berpotensi mendapatkan uang banyak ialah tipe Skippable Video Ads.

Overlay Ads

Overlay Ads

https://viewership.com/youtube-advertising-tips-tactics/

Overlay ads ialah iklan yang muncul pada video cara menutupnya pun dengan manual, ukuran yang kecil sehingga tidak terlalu mengganggu pada video. Kurang lebihnya 20% dibagian bawah video.

Format iklan gambar yakni berukuran 468×60 sedangkan teks 728×90. Iklan sangat mendukung ke plaform dekstop.

Sponsored Card

https://www.wyzowl.com/how-to-advertise-on-youtube/

Iklan kartu sponsor biasanya akan menampilkan yang masih berkaitan dengan video sobat, contohnya produk yang ditampilkan pada konten. Sehingga pengunjung akan melihat teaser kartu tersebut hanya beberapa detik.

Jadi mereka bisa menekan ikon pada sudut kanan atas video untuk mencari tahu apa saja yang ada pada dalam iklan kartu. Platform dekstop dan seluler sangat mendukung penayangan iklan ini sedangkan ukurannya sangat bervariasi.

Display Ads

Display Ads YouTube

https://www.reddit.com/

Display ads akan nampak di posisi kanan yang diunggulkan dan diatas daftar saran video. Apabila pemutaran video berukuran besar, maka iklan ini akan muncul dibawah pemutar video.

Spesifikasi ukurannya adalah 300×250 dan 300×60, nah dekstop menjadi platform yang disarankan oleh google adsense untuk iklan ini.

Skippable Video Ads

skippable video ads

https://www.marketing91.com/7-types-of-youtube-ads/

Jenis iklan ini sering sobat jumpai tatkala memutar video pada youtube. Secara garis besar iklan ini akan nampak pada awal atau akhir video. Namun di beberapa video tipe iklan ini juga ditempatkan pada tengah-tengah konten.

Skippable video merupakan tipe iklan yang berupa video jadi penonton bisa melakukan skipp setelah menonton 5 detik, bila menghendakinya. Untuk mengaktifkan opsi ini, mungkin sobat akan melihat kombinasi antara iklan yang bisa dilewati dan bumper yang diputar berturut-turut.

Seperti Televisi, perangkat seluler, dekstop dan konsol game sangat mendukung penayangan iklan tipe ini. Jadi sangat memungkinkan untuk meningkatkan uang dari adsense.

Keuntungan Bergabung Google Adsense

Banyak hal yang akan sobat rasakan setelah bergabung dengan Adsense, bisa jadi sebagai tabungan untuk modal, bahkan yang sudah sukses dari google adsense juga tidak sedikit. Berikut ini ada beberapa keuntungan bergabung sama adsense, antara lain sebagai berikut :

  • Penghasilan tambahan
  • YouTube bisa sebagai hobi
  • Format iklan yang disediakan bervariasi
  • Komunitas content creator semakin banyak
  • Peluang sangat lebar
  • Bisa sebagai tabungan untuk modal usaha lain
  • Persaingan masih cukup sedikit
  • Pembahasan topik sangat bervariasi
  • pembuatan konten bisa ditentukan sendiri

Jadi sobat bisa terus mengembangkan diri jika benar-benar mau menekuni pekerjaan ini. Insyaallah banyak manfaat yang akan didapat.

Demikian rangkaian informasi Cara Daftar Adsense YouTube yang bisa kami sampaikan, semoga dengan adanya ini sangat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply