294

√ Apa Itu Pisang Uli | Nama Latin, Manfaat & Harga Terbaru

Pisang Uli merupakan salah satu sekian banyaknya jenis pisang yang sangat digemari masyarakat, selain itu juga tidak sedikit yang menjadikan berbagai olahan dengan kreativitas setiap orang.

Cita rasa yang lezat dan enak tidak memungkiri sangat laris bila di jajakan untuk orang-orang sekitar seperti digoreng & bakar dengan perpaduan topping kekinian menjadi mudah viral untuk anak muda dan orang tua.

Walau kulitnya tipis pisang tetap menjadi buah yang kaya akan manfaat dan bagus untuk dikonsumsi anak-anak guna memacu kecerdasan dan imun badan. Hampir diseluruh kota membutuhkan buah ini baik buat oleh-oleh dan kebutuhan keluarga saja.

Pisang Uli Adalah?

Pisang Uli Adalah

Apa itu pisang uli dan merupakan dari jenis apa? Ya benar sekali bahwa buah lezat ini dari jenis pisang raja. Ciri khas bentuk buahnya bulat dan memanjang dengan ujung meruncing. Warnanya kuning kemerahan dan ujung hijau serta kulit tipis.

Untuk daging buahnya bercorak kuning kemerahan yang beraroma harum serta rasanya manis. Dari satu pohon bisa menghasilkan 100-160 buah. Rata-rata panjang kurang lebih 15-18 CM dengan berat 75-100 gram.

Asal mula tanaman ini berasal dari provinsi jawa barat yang tepatnya Bogor. Faktor pertumbuhan utamanya ialah suhu udara. Pada dasarnya suhu optimalnya di angka 27 derajat celcius dan maksimum 38 ya bro.

Nama Latin Pisang Uli

Secara ilmiahnya nama pisang merupakan Musa Paradisiaca L. Musa sendiri ialah nama dari genusnya sedanngkan paradisiaca sebagai penunjuk spesies. Untuk L adalah nama seseorang yang pertama kali meneliti hal ini yakni Linnaeus.

Hal diatas ini merupakan cara penulisan dan deskripsi dari setiap kata dengan makna dan klafisikasinya sendiri-sendiri. Selain itu ada penjabaran yang berdasarkan klasifikasi antara lain sebagai berikut : Famili (Mussaceae), Ordo (Zingiberales), Genus (Musa), spesies (paradisiaca) dan Kingdom (Plantae).

Aneka Olahan Pisang Uli

Aneka Olahan Pisang Uli

Ternyata masih banyak inovasi yang dikembangkan pada buah pisang ini untuk dijadikan camilan maupun olahan lainnya. Kandungan vitamin didalamnya dipercaya sebagai makanan yang bergizi dan tinggi nutrisi.

Pasti ada yang ingin berkreasi ya?? Kalau bingung mau dibikin apa buah banana ini, mungkin contoh-contoh dibawah ini cocok untuk buat kegiatan di rumah.

Lumpia Pisang Cokelat

Lumpia Pisang Cokelat

Selain untuk camilan olahan semacam ini juga layak loh buat dijual. Ya walaupun untuk tidak banyak dari satu lumpia kan bisa dikalikan saja sehari yang bisa dijual. Bisnis kuliner ini tidak harus mengeluarkan modal yang banyak.

Jadi makanan sehat dan laris manis untuk dikembangkan sebagai bisnis kuliner kaki lima. Jangan sia-siakan peluang ini untuk terus berkarya dan berikan pelayanan terbaik untuk meningkatkan service ke pelanggan ya.

Kue Bolu

Kue Bolu pisang

Bolu adalah kue yang cukup banyak digemari masyarakat, meski proses pembuatannya membutuhkan waktu cukup lama tapi cocok loh bila dijadikan oleh-oleh saudara. Cara membuatnya yakni bisa dari pisang ambon dan raja uli.

Sobat dapat membuat dengan 2 jenis yaitu kukus dan panggang, pilihlah sesuai keinginan kalian. Lalu bagaimana cara menyatukan bahan-bahannya cukup haluskan lalu campur dengan adonan lainnya.

Pisang Goreng

Pisang Goreng

Sebagai warga +62 makanan ini harus tersedia untuk teman teh maupun kopi apalagi seperti warung tegal kayaknya sudah wajib ya. Para penggemar olahan satu ini disukai seluruh usia baik anak-anak sampai orang tua.

Kalau ingin membuat kekinian juga bisa sih cukup bahan yang digunakan tepung ditambahkan tepung roti jadi ada kremes-kremesnya ya. Kok jadi ngiler sih banyangin aja. Mantap lagi tambah cocol cokelat yang lumer deh ya.

Kolak Pisang

Kolak Pisang

Siapa yang tak mengenal jenis kuliner ini. Khususnya orang jawa apa belum pernah cobain selama hidup sama si kolak? Wah parah ya kalau ada, kecuali kalian phobia sama si pisang.

Walaupun banyak ditemukan ketika bulan ramadhan tidak salahnya juga kalau ingin membuatnya sendiri selain ramadhan. Kombinasi ubi dan kolang-kaling sangat segar kalau disantap ketika hujan turun. Apalagi jomblo ya daripada gabut enggak jelas mending menyantap ini sob.

Pisang Penyet

Pisang Penyet

Pisang raja uli bisa juga nih dijadikan penyet tapi bukan ayam ya. Penyetnya jangan sama sambal bawang entar kepedesan. tambahkan susu kental, keju dan meses cokelat saja biar endos banget.

Siapa mau coba bikin sendiri ya. Soalnya mimin enggak tau cara bikin-nya sama takut gosong ketika gorengnya. Dah itu saja beberapa olahan pisang yang dapat diformulasikan dirumah.

Manfaat Pisang Uli

Manfaat Pisang Uli

Buah dengan harga murah mudah didapatkan baik di pasar tradisional dan supermarket ini kaya akan manfaat untuk kesehatan badan. Seperti jantung, pencernaan, menurunkan berat badan dan kecerdasan otak.

Apa saja manfaat bila mengkonsumsi 1 buah pisang bagi kesehatan badan manusia? Kami berikan daftar kandungannya, antara lain sebagai berikut :

  1. kandungan pati resistan dan pektin bermanfaat guna menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan.
  2. Vitamin dan oksidan bagus untuk kesehatan tubuh.
  3. Nutrisi yang tinggi dan seratnya dapat menurunkan berat badan.
  4. Magnesium pada buah pisang berguna untuk menjaga kesehatan jantung
  5. Meningkatkan kesehatan pencernaan
  6. Dari study case Impreal College of london bahwa anak-anak mengkonsumsi setiap hari mengurangi penyakit asma menjadi 34%.

Itulah beberapa contoh dari kekayaan pisang untuk menjaga dan mengurangi resiko terjadinya penyakit pada tubuh manusia.

Harga Pisang Uli

harga pisang uli satu sisir

Sudahkah tau kalian semua bahwa harga setiap sisir dan tandan pisang uli berbeda, lalu dipasar online rata-rata harganya kisaran berapa? Dari hasil pengamatan kami bahwa dipasar tradisional memiliki perbedaan mencolok hanya saja kita bisa menawar.

Sedangkan seperti swalayan dan supermarket keunggulannya adalah bersih dan rapi namun harga sudah paten sesuai yang tertera, kecuali jika sedang ada diskon ya. Biar lebih mantap kami beri data terbarunya nih :

NomorHarga 1 SisirHarga 1 TandanSumber Referensi
1.Rp. 15.000-20.000Rp. 45.000-70.000Tokopedia
2.Rp. 10.000-35.000Rp. 97.000Shopee
3.Rp. 18.000-40.000Rp. 60.000-75.000Bukalapak
4.Rp. 15.000-18.000Rp. 75.000-120.000Pasar Tradisional

Daftar harga diatas tidak bisa dijadikan patokan harga yang pasti, karena di pasar tradisional memiliki harga yang berbeda-beda. Apalagi jika kawasan sangat sulit ditanami dapat dipastikan bisa lebih mahal lagi. Demikianlah rangkaian informasi seputar pisang uli yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan informasi ini bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply