23

√ Uang Elektronik Adalah : Sejarah, Contoh, Manfaat & Cara Kerja

Uang Elektronik adalah salah satu alat pembayaran yang diterbitkan dengan dasar nilai uang yang telah disetorkan dahulu. Cara transaksinya pun memakai internet yanga mana melibatkan penggunaan jaringan komputer, smartphone dan lain-lainnya.

Kehadiran E-money di nusantara cukup baik karena memudahkan para penggunanya dalam pembayaran belanja baik dari makerplace, go food, grab car bahkan sayuran sekalipun. Karena itu banyak yang mendaptakan dampak positif khususnya kalangan remaja, dewasa dan orang tua.

Pada dasarnya dalam uang elektronik terdapat (stored value) yakni jumlah nilai tersimpan atau (prepaid) prabayar dimana jumlah uang akan disimpan pada suatu media elektronik yang dimiliki oleh seseorang. Sebagai gambaran mudah media ini berupa server atau chip.

Sedangkan server based sendiri ialah uang digital yang merupakan media penyimpanan berbentuk server. Chip based yakni uang elektronik yang menggunakan media penyimpanan berupa chip. Secara otomatis nilai uang digital akan berkurang jika pemiliknya menggunakan untuk pembayaran. Selain itu sboat bisa menggunakan ini sebagai berbagai macam pembayaran multi purpose.

Sejarah Uang Elektronik

asal usul E-Money

Negara indonesia pertama kali memperkenalkan/merilis yakni pada tahun 2009. Hal ini juga ditandai dengan terbitnya peraturan Bank Indonesia No.11/12/PBI/2009 Tanggal 13 April 2009 tentang uang elektronik (electronic Money) oleh bank Indonesia. Pengesahan ini juga ada regulasinya yang sudah dilengkapi dengan surat edaran yang mengatur soal lembaga penyedia uang elektronik.

Manfaat/Kegunaan Uang Elektronik

Manfaat Uang Elektronik

Dengan adanya uang digital ini juga bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari, tentunya akan memudakan metode pembayaran tanpa harus bertatap muka dengan pihak terkait. Jadi dengan adanya perkembangan internet ialah menjadi salah satu faktor munculnya E-money ini.

Apa saja sih kegunaan uang elektronik di era teknologi ini? Mari kita simak bersama-sama manfaatnya sebagai berikut :

  • Memudahkan dalam transaksi pembayaran tanpa membawa uang tunai.
  • Tidak memikiran uang kembalian yang akan mempersulit saat transaksi.
  • Pembayaran menjadi efisien dan akurat
  • Banyak penawaran promo yang sangat menarik
  • Mengurangi resiko pejambretan/pencurian uang tunai
  • Bisa digunakan sebagai pembayaran transportasi umum dan toll.
  • Berlaku juga untuk transaksi massal dengan nilai kecil maupun besar yang menjadi mudah dan meminimalkan resiko.

Cara Cek Saldo E-Money di HP

Cara mengecek saldo uang elektronik

seluler.id

Sebelum itu langkah yang sobat harus ketahui ialah memastikan smartphone sudah ada fitur NFC. Untuk mengaktifkan fitur ini bisa di cek melalui notification tray atau bagaian pengaturan.

  • Dowonload melalui playstore
  • Kemudian hidupakn NFC di smartphone
  • Lalu membuka aplikasi dan tempelkan kartu dibekalang body smartphone.

Apabila sudah maka dengan otomatis sistem aplikasi membaca dan memberikan saldo yang masih tersisa pada kartu sobat. Sedangkan jenis kartu yang bisa dibaca oleh aplikasi ini antara lain sebagai berikut :

  • E-money dari bank Mandiri
  • Flazz BCA
  • TapCash dari bank BNI
  • Kartu Multi Trip
  • Brizzi BRI
  • MegaCash dari Bank Mega.

Jadi untuk saat ini sistem NFC baru bisa digunakan mengecek dari kartu diatas, andaikan sobat mempunyai kartu akan tetapi bukan salah satu diatas maka belum bisa dicek menggunakan NFC smartphone.

Cara Kerja Uang Elektronik

cara kerja uang elektronik

Bagaimana cara kerja dari uang digital? Pada hakikatnya cara kerja dari uang elektronik ini dibagaikan pulsa ponsel kartu prabayar. Jadi akan bisa digunakan apabila sudah terisi/disisi dengan pulsa dengan jumlah tertentu.

Sedangkan untuk top up/mengisinya pun para pemilik kartu bisa melalui smartphone, ATM ataupun mengisi dengan uang tunai yang disetorkan via agen penjualan seperti bank/perusahaan telekomunikasi.

Untuk saat ini penggunaan uang elektronik bisa diaplikasikan guna membayar beragam transaksi, seperti tiket pesawat, kereta api, membeli pulsa smartphone, belanja barang/jasa, tiket bus. Bahkan juga bisa membeli bahan bakar kendaraan di SPBU tertentu yang sudah tersedia berbagai transaksi.

Kartu Uang Elektronik Terbaik di Indonesia

Setidaknya ada beberapa jenis kartu yang masyarakat menilai terbaik di tanah air ini. Lalu apa yang menjadikan daftar kartu tersebut terbaik dan andalan bagi anak milenial? Jadi kepo kan sobat semua yuk simak penjelasan dibawah ini :

Kartu Brizzi BRI

Sebagai produk E-money yang berbentuk kartu dan diterbitkan oleh BRI guna dapat digunakan dan memproses transaksi digital. Dengan produk ini sobat bisa menggunakan untuk pengganti uang cash agar lebih mudah transaksi pembayaran sehari-hari.

Selain itu juga sudah dilengkapi dengan RFID yang sangat mungkin digunakan oleh penggunanya/pemilik untuk melakukan transaksi cukup dengan menempelkan kartu ke mesin pembaca dan otomatis langsung diproses. Adapun fitur yang memanjakan sobat.

  • Bebas dimiliki
  • Transaksi cepat
  • Terjamin keamanan
  • Bebas digunakan oleh siapa saja

TapCash BNI

Tidak jauh berbeda dengan contoh kartu diatas pada tapcash BNI ini juga bisa digunakan untuk pembayaran seperti transportasi, restoran, tempat hiburan, minimarket dan parkir. Adapun fitur unggulan/utama dari tapcash ini jika sobat memilikinya sebagai berikut :

  • Minimum top up rp. 20.000
  • Maksimum mengisi perbulan 10.000.000
  • Tidak ada batasan berlaku
  • Jumlah saldo maksimum atau limit rp. 1.000.000
  • Bisa digunakan jabodetabek/non jabodetabek.

E-Money Mandiri

Bank mandiri juga menawarkan uang elektronik dengan kartunya yang memiliki beberapa fitur unggulan. Mungkin produk ini sudah terkenal diberbagai kalangan masyarakat. Supaya sobat lebih tau mendalam berikut beberapa kelebihannya.

  • Minimal top up Rp. 20.000
  • Maksimum top up setiap bulan yakni Rp. 20.000.000
  • Tidak ada batasan berlaku
  • Limit saldo Rp. 1.000.000

Selain itu beberapa layanan yang bisa digunakan transaksi oleh E-money mandiri yakni tempat yang terdapat logo e-money. Bahkan untuk belanja di toko retail alfamart, indomart, pembayaran tol, wahana hiburan dan SPBU.

Flazz BCA

Secara pelayanan dan fitur utama yang ditawarkan oleh produk ini yaitu tak jauh berbeda dengan e-money mandiri. Hanya saja ada masa berlaku 10 tahun semenjak transaksi top up terakhir dilakukan oleh pemiliknya.

Untuk rekomendasi dari kami ya sebaiknya sobat membuat yang paling banyak untuk bisa digunakan jadi tidak pusing bila sudah top up akan tetapi bingung untuk menggunakannya.

Itulah beberapa kartu uang elektronik yang bisa kami sampaikan. Sedangkan seperti ovo, gopay berupa aplikasi smart atau dompet digital jadi tidak menggunakan kartu.

Contoh Uang Elektronik

contoh uang elektronik

Mungkin dari informasi kami jelaskan diatas masih ada beberapa sobat yang tidak mengetahui dengan alat transaksi modern ini, sejatinya hampir sama dengan kartu ATM pada umumnya. Hanya saja sistem Top Up pada kartu ini tidak langsung dengan rekening sobat.

Kecanggihan yang menjadi pembeda juga tanpa memerlukan PIN yang biasanya ada pada kartu ATM. Walaupun demikian ini sebagai titik lemah dari uang elektronik karena tak memerlukan kata sandi alhasil mudah pindah tangan ke orang lain.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan deretan contoh uang elektronik yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, apa saja daftarnya simak tabel dibawah ini :

NomorContoh Uang ElektronikPenerbit E-Money
1.Sakuku/FlazzPT. Bank Central Asia Tbk
2.MYNT E-MoneyPT. Artajasa Pembayaran Elektronis
3.Go-PayPT. Dompet Anak Bangsa
4.OVO CashPT. Visionet Internasional
5.LinkAjaPT. Fintek Karya Nusantara
6.SopeepayPT. Airpay Internasional Indonesia
7.T Bank & BrizziPT. Bank Rakyat Indonesia
8.PayPro & DompetkuPT. Indosat Tbk
9.Mandiri E-Cash & Mandiri E-MoneyPT. Bank Mandiri (Persero)
10.DanaPT. Espay Debit Indonesia Koe
11.UniQu & TapCashPT. Bank Negara Indonesia (Persero)
12.Mega Virtual & Mega CashPT. Bank Mega Tbk
13.Rekening PonselPT. Bank CIMB Niaga
14.BluepayPT. Bluepay Digital Internasional

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply