6
42

√ Cara Cek RAM Laptop Secara Mudah, Cepat & Tepat

Cara cek ram laptop merupakan informasi untuk mengetahui detail dari komponen laptop tersebut. Meskipun tata letaknya menempel pada motherboard laptop, ada beberapa cara untuk melihatnya dengan cepat dan mudah.

Mungkin dengan penjelasan artikel kami ini akan membantu sobat dalam mengecek spesifikasi detail laptop. Bahkan umumnya orang yang akan beli barang elektronik baik smartphone dan komputer pertama kali akan terlintas pikiran dari RAM-nya. Dengan hal ini juga dimanfaatkan sebagai pertimbangan penyesuaian software yang hendak diinstall dalam komputer atau laptop.

Sebab RAM sangat memilik pengaruh dari performanya. Jadi semakin tingginya kapasitas, sangat jelas meningkatkan performa laptop yang sobat hendak beli atau digunakan sehari-hati. Selain itu penggunaan ram yang tidak seimbangan bisa menjadikan perubahan kinerja laptop semakin turun. Contoh mudahnya yakni mengalami troble seperti ngehang, dan mati total yang disebabkan oleh kemampuan diluar batasnya RAM.

RAM Laptop Adalah?

RAM Adalah

RAM yaitu singkatan dari kata Randoom Access Memory yang funginya sebagai media penyimpanan data ataupun instruksi program sementara pada suatu alat teknologi. Jadi dalam RAM ini datanya bersifat sementara saja, maka bila laptop/komputer dimatikan secara otomatis data-data yang tersimpan tersebut akan terhapus. Selain itu RAM juga bisa kenal dengan memori, sebab pada dasarnya sebagai memori penyimpan data.

Umumnya mengecek RAM bisa diketahui dengan 3 pengertian. Sementara paling umum bagi masyarakat yakni digunakan untuk mengetahui ukuran/kapasitasnya. Memang mengetahui ukuran ini sangatlah penting yang nantinya keterlibatan dari kinerjanya.

Cara mengecek RAM berikutnya yaitu dengan tujuan memahami dari jenisnya. Sebagai contohnya klasifikasi RAM berupa DRAM, SDRAM, EDORAM & SRAM serta lain-lainnya. Dari garis besarnya memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda, namun dari speed dan kapasitas mengakses datanya cukup beda. Maka dari itu ilmu pengetahuan seputar spesifikasi setiap jenis ram sungguh sangat penting bila dibandingkan dengan memahami dari aspek jenis-jenisnya saja.

Ketiga yakni mengecek RAM laptop guna mengetahui detail dari tipenya. Saat ini tipe yang paling banyak digunakan dengan minimum DDR3, akan tetapi beberapa ada yang masih menggunakan DDR2 bahkan selebihnya. Untuk mengetahui lebih detailnya mari kita bahas dibawah berikut ini.

Cara Mudah Cek RAM Laptop

Cara Cek Tipe RAM Laptop

Bila sobat sudah menentukan untuk mengecek RAM laptop dari apanya terlebih dahulu. Penjelasan dibawah ini akan memudahkan sobat untuk mengetahui dengan detailnya. Setidaknya informasi yang sedang dicari sesuai dengan metode paling sederhana untuk diaplikasikan serta tujuan sama mengetahui RAM laptop.

  • Cara Mengecek RAM Dengan Dxdiag Tools

cara mengecek ram laptop dengan dxdiag

Tips pertama yang bisa dicoba yaitu dengan melihat RAM laptop tanpa membongkarnya, menggunakan aplikasi DXDIAG Tools ini cukup efektif bila sobat akan memanfaatkannya. Selain itu juga digunakan baik laptop dan komputer sekaligus. Inilah tahap-tahapannya :

  1. Tekan saja shorcut windows+R pada keyboard laptop
  2. Berikutnya sobat akan disuguhkan jendela RUN
  3. Ketik lagi (DXDIAG) pada kolom pencarian jendela RUN lalu klik enter/OK
  4. Terakhir akan ditujukan dengan tampilan DirectX Diagnostc Tool. Inilah sobat akan mengetahui dengan detail baik jumlah atau kapasitas RAM yang terpasang dilaptopnya.
  • Cek RAM Laptop Melalui Stiker

Cara Mengecek RAM Melalui Stiker

Metode yang kedua ini merupakan untuk mengetahui sebuah kapasitas RAM laptop dengan teknik sederhana. Sebab, langkah ini dapat dimanfaatkan ketika hendak membeli sebuah laptop bekas yang kardus kemasan hilang.

  • Cara Cek RAM Dari Kardus Kemasan Laptop

Sebetulnya pada cara ini secara dasarnya hampir sama dengan seperti yang diatas. Tetapi dengan langkah ini dapat dilakukan apabila laptop yang akan dibeli masih tersegel rapi didalam kemasan tersebut. Perlu diketahui bahwa umumnya informasi yang tercantum merupakan sebagian atau spesifikasi singkat saja.

Bagi sobat yang mau mengetahui RAM laptop tersebut sangat berguna karena sangat cepat motedenya tanpa membuka informasi dari dalam laptopnya. Nah untuk laptop bekas biasanya ada perbedaan komponen salah satunya RAM. Sebab kemungkinan laptop yang akan dibeli itu sudah pernah diganti RAM-nya. Alhasil bila dicek dari fisiknya juga bagus, bila ragu tanyakan sedetailnya dengan sang penjual.

  • Cara Mengetahui RAM Laptop yang Terpakai

Selanjutnya ini kita akan membedah dari seberapa banyak RAM yang telah dipakai dan yang tersisa dari RAM tersebut. Cara berikut ini sangat kami rekomendasikan guna pengecekan semakin akurat dan sudah sering diaplikasikan yakni melalui task manager. Untuk langkah-langkah yang mudah difahami dengan berikut :

  1. Tekan CTRL+SHIFT+ESC
  2. Klik saja tab performance dibagian task manager guna mengetahui performa didalam laptop
  3. Berikutnya yakni dibagian memory
  4. Dalam bagian ini sobat akan melihat fluktuasi pemakaian RAM. Semakin bertambahnya aplikasi yang digunakan akan memperberat performa aplikasi.
  5. Pergerakan fluktuasi ini terjadi pada setiap detik, maka dari itu umumnya mengalami perubahan yang cukup naik turun dengan tajam.
  6. Dengan task manager ini sobat bisa melihat dengan spesifik software apa saja yang memakan banyak penggunaan RAM.
  • Tips Mengetahui RAM Laptop yang Rusak

Apa jadinya bila kita membeli laptop bekas akan tetapi kondisinya rusak RAM dan label dari stikernya juga tidak bisa dibaca dengan lengkap? Jelas akan membutuhkan cara yang lebih baik yang tidak harus menghidupkan laptop tersebut.

Jadi sobat bisa mengaplikasikan cukup dengan membuka casingnya laptop dan melihat spesifikasi RAM berdasarkan fisiknya. Biasanya dibagian fisik RAM disertai informasi berupa jenis, merk dan kapasitasnya. Alhasil walau laptop yang dibeli tidak menggunakan RAM aslinya, untuk mengetahui informasi terkait RAM masih cukup efektif, sebab bisa diketahui dari fisiknya RAM itu.

Akan tetapi teknik ini hanya diketahui oleh orang-orang yang berkecimpung bongkar pasang casing laptop. Maka dari itu, sobat jangan sampai bisa membukanya namun tidak bisa memasangnya seperti sedia kala.

Fungsi RAM Laptop

Fungsi RAM Laptop Adalah

Salah satu fungsi dari sebuah RAM yang asalnya dari kalimat Random Access Memory ini sangat banyak manfaatnya terhadap elektronik seperti smartphone dan komputer. Fungsi utama dari ram yaitu mempercepat proses data yang digunakan pada perangkat.

Jadi secara mudahnya ketika laptop/komputer menyala akan menyimpan data-data yang dibutuhkan oleh aplikasi atau software dengan sifat sementara saja. Kemudian dari program yang berjalan tersebut akan memberikan informasi agar disimpan dalam RAM. Jika sudah demikian maka data-data dari RAM selanjutnya diteruskan ke CPU atau prosesor agar diproses lebih lanjut. Berikut beberapa contoh fungsi RAM sebagai berikut :

  1. Menyimpan Data/Memory Sementara
  2. Mempercepat Proses Pencarian Informasi
  3. Meningkatkan Mulyitasking Laptop
  4. Melancarkan Performa Grafis & Pengolahan Data-Data

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dengan adanya wawasan baru ini menjadi pengalaman dan bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply