8
119

√ Solusi Mengatasi Laptop Restart Sendiri Lama Saat Booting

Laptop restart sendiri tanpa ada indikasi sama sekali? Pasti bingung kan sobat mengatasi hal seperti ini karena mengganggu pekerjaan/deadline yang seharusnya cepat diselesaikan. Saat ini laptop bagaikan salah satu perangkat yang cukup banyak digunakan.

Bahkan karena sifatnya protable inilah memudahkan untuk dibawa kemana-mana. Tentunya akan digunakan lebih sering layaknya smartphone. Sehingga benda ini hampir sama dengan elektronik lainnya, baik dari spesifikasi, permasalahan bahkan dimasuki banyak virus sekaligus.

Akan tetapi disini kami akan lebih membahas mengenai laptop sering restart sendiri. Maka dari itu bila sobat mencari sumber referensinya bisa dengan cara kami. Sebelum ke topik utama kita pelajari dari segi penyebabnya terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut.

Penyebab Laptop Restart Sendiri?

penyebab laptop restart sendiri

Faktor utama yang bisa menjadikan laptop sobat mati sendiri bisa diketahui beberapa sebab. Contohnya nih, umur, penggunaan tanpa memperhatikan waktu, mesin, dan komponen laptop lainnya. Semakin banyaknya file dan aplikasi bisa saja membuat laptop performanya semakin menurun dan pada akhirnya error sendiri.

Salah satu yang dapat menyebabkan hal ini sangat mungkin berbagai macam, entah kesalahan penggunaan, virus dan sebagainya. Akan tetapi intisarinya ialah di windowsnya atau operating system yang menjadi penyebab laptop sobat mengalami restart sendiri.

  • Prosesor Overheat

Langkah kedua yang bisa sobat dengan mengecek dari segi prosesornya, apakah benar terlalu panas kemudian membuat performa menurun dan overhat. Cara ini dapat diidentifikasi dengan berikut :

  1. Kondisi temperatur di hardware monitor yang terletak pada program BIOS
  2. Menggunakan program bantuan untuk memonitoring temperatur yakni CPUID hardware monitor.
  • Harddisk Bad Sector

Ketiga penyebab lain dari laptop sobat hidup mati dengan sendiri ialah rusaknya harddisk pada bad sector. Kondisi yang seperti ini akan membuat laptop hang lama kelamaan. Alhasil tidak bisa booting, munculnya blue screen dan terus menerus mengalami restart.

Maka dari itu untuk mengantisipasinya sobat sebaiknya merawat laptop sebaik mungkin guna meminimalisir hal yang sama sekali tidak pernah terfikirkan. Jangan lupa membersihkannya juga.

  • Terjangkit Virus

Kemungkinan kecil pada laptop sobat yang sudah terkena virus tanpa disadari. Karena pada dasarnya virus atau malware membuat kerja memori semakin terbebani, alhasil proses semacam ini dengan berulang-ulang ketika digunakan. Demikian menjadikan laptop bisa restart dengan sendirinya dan ngehang.

  • RAM Tidak Sehat

Umumnya kemarin-kemarin laptop sobat masih hidup dan performanya layaknya biasanya. Tapi tiba-tiba kok melakukan restart sendiri dalam waktu tertentu? Meskipun sudah dibawa ke tempat service dan semua hardware dalam kondisi normal tanpa ada keanehan sama sekali.

Nah ini salah satunya dikarenakan kondisi RAM sudah tidak baik-baik saja. Dari informasi yang kami ketahui ada yang mencoba dengan mengganti dan hasilnya cukup bagus serta sudah kembali normal seperti sedia kala. Mungkin ini juga menjadi penyebab utama dalam dunia laptop tiba-tiba restart.

Cara Memperbaiki Laptop Restart Sendiri

cara mengatasi laptop restart sendiri

Memang bukan suatu yang wajar bila laptop digunakan seringkali mengalami restart sendiri tanpa tindakan kita. Pasti hal ini ada penyebabnya dan jelas terdapati permasalahan dilaptop tersebut. Untuk mengatasi semacam ini mungkin dengan cara mengecek dari windowsnya bila sobat menggunakan.

Untuk tahap-tahapannya bisa dengan mempraktikkan seperti yang kami akan sampaikan dibawah ini. Jangan sampai ketinggalan setiap pemaparannya agar sobat semakin mudah memahaminya. Insyaallah cara kami bisa mengatasi permasalahan seputar laptop milik sobat.

  • Mematikan Automatic Restart

Pertama-tama hal yang dilakukan untuk memperbaiki yakni dengan mematikan fitur automatic sebagai langkah menghidari restart secara otomatis bila terjadi masalah di sistem windows. Selain itu juga akan menampilkan pesan yang isinya kode error terkait. Bila bingung untuk mematikannya dengan cara dibawah :

  1. Buka kolom search windows kemudian tulis dan buka kembali View Advanced System Setting.
  2. Berikutnya tekan “Setting” dibagian Startup and Recovery.
  3. Hapus centang Automatically Restart
  4. Terakhir restart laptop sobat.
  • Mengecek Hardware Overhaet

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas mengenai penyebabnya pada laptop restart sendiri. Untuk memecahkan problem seperti ini sobat dapat mengeceknya dari hardware. Umumnya faktor paling sering ditemukan karena terlalu panas yang berlipat-lipat, hal ini akan memicu pada CPU bahkan harddisknya.

Sebagai penanganan bisa mematikan pasta prosesor dari kekeringan kemudian mengganti dengan pasta baru serta mengecek cek fungsi fan pada kondisi normalnya. Jangan ketinggalan untuk membersihkan dibagian CPU, casing dan komponen lainnya supaya debu tidak menempel di chipset dan motherboard pun tak akan terganggu kinerjanya.

  • Scan Virus & Malware

Memang virus dan malware sangat bisa menyebabkan laptop mengalami restart dengan sendirinya, menurut kami hal semacam ini kerap sekali ditemui. Umumnya juga terhubung dengan sistem. Apabila terdapati virus masuk di laptop sobat, biasanya ke usage RAM menjadi penuh. Jelas akan memberikan efek pada sistem menjadi tidak stabil.

Mungkin dalam jangka pendek tidak akan menyebabkan masalah. Tetapi bila dibiarkan lama sangat beresiko pada performa laptop semakin lambat, restart dan rusak. Maka dari sobat dapat mengatasinya dengan scanning memakai antivirus. Kami rekomendasikan mengaplikasikan versi paling baru.

  • Repair Registry Windows

Manfaat yang akan sobat dapatkan dari resgistry windows ini sebagai media penyimpanan dan mengatur kongfigurasi windows yang sudah terintregrasi dalam menyimpan semua pengaturan windows. Nah bila ada masalah pada registry dapat dipastikan mengalami restart ataupun inproper shutdown sangat mungkin terjadi.

Biasanya file sistem yang menjadi faktor di windows 10 sering restart terus menerus ialah registry mengalami masalah atau korup. Supaya bisa diatasi sobay dapat menggunakan aplikasi “registry cleaner” atau “Auslogic Registry Cleaner”.

  • Menghapus Roll Back Driver Bermasalah

Cara yang ke 5 dalam memecahkan masalah laptop sering restart sendiri yakni mengecek bagian driver. Sebab driver yang bermasalah sangat resiko menimbulkan terjadinya restart di sistem windows.

Agar bisa dibenarkan dengan cepat sobat bisa masuk ke safe mode windows. Selanjutnya remove driver yang bermasalah atau yang disebut juga roll-back driver, restart lagi kemudian gunakan windows seperti biasanya. Bila sampai cara ini belum memberikan hasil yang maksimal sobat cek kembali dan lakukan seperti yang kami jelaskan pada driver lainnya.

  • Setting Fan Processor BIOS

Kembalikan pengaturan Fan Processor pada BIOS yang sudah otomatis disetting untuk menyesuaikan panas yang dihasilkan prosesor. Untuk meminimalisir suhu laptop sobat. Bisa saja dengan mengatur ulang pada bagian pengaturan fan tesebut.

Sebagai cara settingnya sebetulnya beda-beda yakni tergantung dari seri/tipe laptop yang hendak dibenarkan. Secara mudahnya sobat cukup dengan mencari di pengaturan (Speed Fan) lalu merubah ke mode performance dan sebagainya.

  • Perbarui File Sistem

Cara memperbaiki laptop sertart terus di windows 10 pertama ialah dengan melakukan cek di file sistem windowsnya. Karena pada dasarnya sistem yang bermasalah diketahui sebagai indikator laptop sering restart. Seperti adalah sesuatu yang umum terjadi pada windows.

Karena pada hakikatnya sebagai mekanisme harus dilakukan pembaruan terhadap file sistem windows. Sebagian besar karena proses upatde windows yang gagal menyebabkan masalah, salah satunya koneksi internet lambat ataupun kesalahan teknis oleh server itu sendiri. Guna memecahkan masalah ini bisa dengan memastikan bahwa koneksi internet stabil tanpa terputus-putus. Lalu cek ulang di bagian services, section windows update-nya dalam status running.

  • Install Ulang Windows

Sistem windows yang tidak stabil cenderung menjadi laptop mengalami restart sendiri bahkan ngehang tanpa tindakan apa-apa. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas maka harus dicek dari berbagai lini-nya, mungkin saja sudah cocok menggunakan windows tersebut.

Sebagai cara termutakhirnya dengan install ulang windowsnya. Jika sobat menggunakan versi 7/8 bisa mengganti ke windows ke 10. Mungkin karena jarang dilakukan update sehingga semakin menumpuk banyak dan performanya semakin lemot, alhasil restart dan error sering kali terjadi bila sedang digunakan.

Dampak Laptop Restart Lama

dampak laptop restart lama

Pernahkan sobat mengalami hal serupa ketika merestart laptop proses loadingnya sangat lama sekali. Sebetulnya kondisi ini bukanlah yang umum bagi kami, sebab sebelum-sebelumnya laptop sobat masih dalam kondisi normal-nomal saja kan.

Untuk saat ini kami menggunakan adalah windows 10, mungkin sobat juga sama-sama sebagai pengguna windows. Kemungkinan besar permasalahan ini terjadi pada windows. Karena sebelumnya menggunakan lainnya tidak sampai seperti ini.

Bagi sobat yang bertanya apa dari akibat laptop restartnya lama berdasarkan pengalaman kami yaitu laptop tidak bisa masuk windows, ngelag, ngehang dan mati sendiri. Sebagai solusinya sobat memeriksa sendiri ataupun bertanya kepada temannya yang cukup faham dalam bidang teknisi laptop/komputer.

Demikianlah rangkaian informasi terkait laptop restart sendiri. Kami berharap dengan penjelasan kami diatas bisa menjadi solusi dan referensi terhadap laptop sobat. Kami memohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam penyampaian maupun kejelasan caranya, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply