7
144

√ Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi (Plugged In Charging)

Baterai laptop tidak mengisi, sobat bingung mengatasinya ya? Mungkin cukup banyak yang mengalami hal serupa namun hingga saat ini belum tau detail apa penyebab dan memperbaikinya. Tenang karena kami disini akan akan memberikan solusinya.

Akan tetapi sebelum ke pembahasan utama ada baiknya juga bila mempelajari dari segi faktor yang umunya menjadi kendala. Maka dari itu jangan langsung diskip ya pembahasan versi kami seuptar laptop ini. Barangkali sobat pernah mengalami ketika laptop digunakan cepat habis? Bahkan ketika dicas pun tetap 0% saja.

Jadi begini sobat, memang permasalahan ini banyak terjadi pada pengguna laptop entah masih baru dan second. Lalu bagaimana agar bisa kembali normal yang harus dilakukan? Simak saja penjelasan dibawah ini dengan teliti ya :

Penyebab Baterai Laptop Tidak Mengisi Daya

Penyebab baterai laptop tidak terisi

Sebetulnya ada beberapa faktor utama baterai laptop tidak bertambah daya. Jelas tidak hanya disebabkan oleh usia baterai dan kualitasnya saja. Supaya hal kedepan yang tidak mau diinginkan oleh sobat terjadi lagi yakni jangan tergesa-gesa dalam mengganti baterainya. Coba cek dengan teknik kami berikut :

  • Mengecek Baterari Laptop

Langkah pertama bisa dengan mengecek colokan baterai dan melepasnya bila bukan tipe tanam. Langkan berikutnya yakni menekan tombol powernya kurang lebih 15 detik untuk menguras semua sisa daya di laptop tersebut.

Kemudian sobat bisa mencobanya mencolokkan charger ke laptop dan hidupkan. Akan tetapi dalam kondisi terpisah dengan baterainya ya sobat. Andai bisa menyala dengan normal. Itu artinya cas laptop masih bagus dan terdapat masalah pada baterainya. Mungkin bisa dicoba memasang kembali bisa saja sebelum dilepas posisi baterai ada yang salah.

  • Memeriksa Charger

Andaikan dichager tak memberikan tanda-tanda sama sekali dikala kondisi mati. Coba deh sobat periksa dari casnya mungkin saja ini permasalahannya. Biasanya dalam pengecekan perihal yang mesti diperhatikan juga yakni kabelnya mungkin pernah dimakan tikut, atau terdapat kerutan.

Periksa kembali dari ujungnya bila mungkin konektivitasnya sudah rusak. Jangan sampai lupa untuk mengecek adapter, apa ada yang berubah dari bentuk maupun warnanya. Cek sekali lagi dengan menghirup udara disekitar adapternya bila dirasa ada bahan terbakar mungkini permasalahan utamanya.

  • Mengecek Colokan Charger

Saat mau memasang colokan charger ke laptop pastinya harus sesuai dengan prosedurnya. Jadi tidak setengah-setengahnya saja, bila terdapati debu dan kotoran lainnya didalam colokan. Maka bia menyebabkan koneksinya kurang maksimal. Sobat bisa membersihkannya dibagian dalam dapat menggunakan tusuk gigi atau alat lainnya yang mudah digunakan.

Hal seperti bisa saja sobat memasangnya dengan keliru otomatis akan membuat charger dalam patah, bengkok dan rusak fatal. Maka dari itu untuk selanjutnya lebih berhati-hati.

  • Komponen/Hardware Laptop

Tanpa disadari terkadang yang menyebabkan baterai rusak dan tidak mau mengisi daya salah satunya terbakarnya komponen laptop baik motherboard dan sebagainya. Faktor seperti mungkin karena aliran listik yang langsung berimbas ke baterai laptop.

Permasalahan umum pada mesin/komponen ialah banyaknya file dan digunakan dengan waktu yang lama. Sehingga daya penyimpanan baterai panas dan mesin pun akhirnya terbakar.

Mungkin itu sedikit pemaparan dari beberapa penyebab baterai laptop tidak mau mengisi daya. Terus baca lagi penjelasan versi mengatasinya, antara lain berikut ini :

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Mengisi

Cara Memperbaiki Baterai Tidak Mau Mengisi

Pernah nggak sih lagi mengerjakan deadline tugas sekolah/kuliah, pekerjaan, tiba-tiba aja laptop baterainya habis? Udah dicoba berkali-kali tetap tidak menambah dayanya? Mungkin ini ada masalah pada laptop sobat. Kalau muncul notifikasi (Battery 10% Pluggin In, Not Charging) yang artinya baterai laptop tidak mau terisi. Bahkan hal seperti ini menyebabkan laptop hang

Kebanyakan permasalahan seperti ini umumnya terjadi pada laptop yang usianya sudah lumayan tua. Kenapa bisa begitu? Sebab kapasitas baterai biasanya akan mengalami pengurangan 20% setiap tahunnya. Jadi maklkum bila laptop sobat lebih dari 4 tahun akan seperti demikian. Untuk mengatasinya simak baik-baik pemaparan berikutnya :

  • Menancapkan Ke Stopkontak Lain

Tips pertama yang bisa langsung dicoba yaitu mengidentifikasi dari colokan listrik. Hal sangat mungkin dikarenakan kabel dan pemakaian yang sudah sangat lama. Maka dari itu sobat dapat mencobanya terlebih dahulu.

Cara seperti ini guna memastikan bahwa aliran listrik terputus apa tidak. Jika langkah ini laptop dapat mengisi daya berarti sobat cukup mengganti kabel ataupun stopkontaknya saja. Artinya pada cas laptop tidak ada yang bermasalah.

  • Periksa Charger Laptop

Langkah kedua yang dapat diaplikasikan bila teknik pertama tidak ada perubahan sobat bisa memerikasa kondisi dari chager laptopnya. Yakni dengan memperhatikan bagian dari kabel terdapat yang kerut, terputus ataupun terbuka.

Kemudian jangan sampai lupa juga pada colokan si pengecas ke laptop. Barangkali saja ada debu atau komponen yang utama yang patah bahkan hewan kecil dan kotoran sekaligus. Andai betul patah sobat harus mengganti atau membeli yang baru lagi. Sedangkan ada kotoran baik debu dan hewan kecil bisa dibersihkan menggunakan tusuk gigi.

Jangan lupa seperti adapter juga dicek mungkin saja terbakar, rusak dan komponennya ada yang terlepas. Hal seperti mungkin saja terjadi bila dalam mengecas laptop sambil digunakan sobat.

  • Melepas Baterai Dari Laptop

Tutorial ketiga ini ialah mengatasi dengan tekni melepas baterai laptop yang sobat bisa dipraktikkan dirumah. Terlebih untuk sobat yang baterai laptopnya bisa dilepas. Caranya cukup dengan mematikan lalu melepas baterainya. Jika sudah. kemudian sambungkan charger ke laptop tanpa baterai. Setelah itu tekan tombol power kurang lebih 15 detik.

Kemudian sobat analisa dengan menyalakan laptop seperti diatas. Apabila cara ini laptop dapat menyala dengan normal maka dapat dipastikan baterai laptop sobat yang rusak.

  • Mendinginkan Suhu Laptop

Apakah sobat pernah menyadari bahwa penggunaan laptop dengan kurun waktu yang lama dalam sehari bisa menyebabkan laptop cepat rusak? Jika betul demikian, mungkin laptop sobat mengalami overheat dan akhirnya baterai mengalai kerusakan.

Sebenarnya baterai laptop akan rentang terganggu performa sensornya jika dalam kondisi panas. Apalagi suhu lingkungan sobat cukup panas, hal ini jelas akan berdampak burung dengan laptop sobat. Jadi pada dasarnya temperatur panas akan membaca sensor sebagai baterai laptop sudah terisi penuh dan bermasalah pada pengisian daya.

Supaya hal ini bisa diatas dengan mudah maka sobat cukup dengan memberikan waktu 1-2 jam untuk laptop dimatikan terlebih dahulu. Kemudian memastikan laptop sudah dalam kondisi dingin bila hendak menggunakannya dan jangan lupa membersihkan debu-debu pada sistem, body, layar dan keyboard laptop.

  • Uninstall Software Management

Sudah pada tahu belum nih sobat udfauzi untuk mengecek kondisi dari baterai di laptop? Sudah ya! Namun koko tetap saja tidak mengisi daya-nya. Nah ini mungkin ada masalah yang kaitannya dengan software laptop sobat.

Waduh bagaimana ini solusinya? Cek saja dahulu barangkali laptop sobat mempunyai software yang masih terhubung dengan power. Contohnya nih, umumnya di laptop lenovo sudah terinstall lenovo energi management yang terpasang dari bawaan pabriknya.

Apabila laptopnya tedapati, Uninstall Software tersebut kemudian restart saja. Andai langkah ini membuahkan hasilnya. Jadi itulah penyebab baterai laptop tak menunjukkan kenaikan angka daya.

  • Udate Driver

Formulasi terahkir versi kami ini bisa dilakukan pada pengguna windows 10. Langkah-langkahnya dengan membuka menu (Device Manager) kemudian pilih (Batteries) pada bagian bawah. Jika sudah akan terdapati beberapa entri, yakni untuk baterai, chager dan Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery. Tekan klik kanan dari setiap entri lalu pilih lagi (Properties).

Selanjutnya pilih salah satu saja dengan nama (Driver) berlanjut ke (Update Driver) pada sisi bawah. Terakhir restart laptop sobat dan cobalah dengan mengecas kembali. Apabila berhasil itulah penyebab pada drivernya yang minta diupdate. Andaikan hal dari atas tidak membuahkan solusinya bawa ke tempat service laptop saja ya sobat.

Cara Merawat Baterai Laptop Tetap Awet

Cara Merawat Baterai Laptop Tetap Awet

Memang alat ini sekarang sudah menjadi kebutuhan utama. Seluruh kegiatan yang berhubungan dengan teknolgi bisa dibantu dengan laptop. Entah dari tugas kuliah, kerjaa, mendengarkan musik, membuat desain bahkan menonton film sekaligus.

Akan tetapi untuk menunjang kegiatan penggunaan laptop biasanya dapat dilihat dari spesifikasinya. Namun terkadang ada yang menggunakannya tanpa memperhatikan waktu dan performanya laptop tersebut. Maka dari kami disini ingin menyampaikan untuk perawatan laptop dari segi baterainya agar dapat berusia panjang dan awet dari performanya. Antara lain sebagai berikut :

  • Mengatur Intensitas Cahaya Mode Rendah

Cahaya layar pada laptop merupakan salah satu fitur yang banyak memakan daya. Oleh hal itu alangkah yang baik untuk meminimalisir penggunaan baterai cepat terkuras. Ketika pemakaian sebaiknya sobat memastikan terlebih dahulu untuk mengatur sedemikian rupa kontras layar yang rendah supaya baterai tetap awet dalam jangka lama.

  • Menghindari Penggunaan Baterai Habis Total

Biasanya bila sudah asyik menggunakan laptop sering kali lupa bahwa baterai hampir habis dan umumnya kita tak mengindahkannya. Tanpa kita sadari hal seperti ini membuat baterai cepat ngedrop dan rusak. Untuk merawat baterai laptop usahakan untuk langsung mengecasnya jika digunakan software berat maksimal beterai 50% dan ringan 30% saja.

Terpenting lagi nih bila pengecasan berlebihan pun baterai akan lebih cepat rusak dari segi performanya baterai tersebut. Maka dari itu ambil saja yang paling terbaik dan untuk antisipasi hal yang tak diinginkan.

  • Jangan Menggunakaan Saat Dicharger

Bermain laptop memang asik apalagi anak-anak yang sedang bermain game online. Solusi yang tepat agar membiasakan yakni memberikan waktu istirahat total dalam kondisi dicharger.

Kenapa kami memberikan saran tersebut? Tips ini berguna sekali untuk baterai laptop tidak cepat mengalami kerusakan. Selain itu performanya tepat bisa diandalkan jika sobat mengaplikasikan cara kami ini.

  • Waktu Pemakaian Dibatasi

Pembatasan disini maksudnya adalah pengontrolan atau rentang waktu penggunaannya. Jadi bukan tujuannya membatasi berkecimpung dengan laptop ya. Karena pada dasarnya setiap laptop mempunyai kapasitas dan kemampuan masing-masing. Apabila sobat ingin menjaga baterai laptop tetap awet ya dengan tips ini.

Dengan cara memperhatikan waktu pemakaian, tentu tak akan membuat laptop terforsir kinerjanya dengan waktu lama. Bila diistirahatkan beberapa saat kemudian bisa sobat dunakan lagi kok.

  • Hindari Oveheat

Salah satu indikasi dari cepatnya baterai rusak yakni dikarenakan overheat pada laptop sobat sendiri. Penggunaan tanpa memperhatikan waktu memang lebih cepat membuat terkena overheat. Cara yang tepat mengatasi hal seperti ini bisa dengan menggunakan laptop sesuai prosedur dan daya kemampuannya.

  • Memperhatikan Suhu Laptop Ketika Dicas

Siapa nih disini yang mengecas laptop sambil digunakan? Hayo ngaku aja deh kalian. Temperatur suhu yang panas dalam kondisi dichager memang sangat beresiko besar. Bagaimana tidak, dengan hal seperti ini akan membuat laptop lebih bekerja keras dan mengakibatkan pengurasan daya tak terkendali dan pada akhirnya komponen semakin panas.

Andaikan hal ini dibiarkan terus menerus kami sangat yakin bahwa laptop sobat akan cepat mengalami kerusakan entah dari motherboard, kipas, baterai dan lain-lainnya. Jadi sebaiknya sobat memperhatikan hal seperti ini.

  • Mencabut Charger Bila Sudah 100%

Jangan biarkan kabel charger laptop sobat bila dalam kondisi penuh terpasang terlalu lama. Hal ini arus listrik akan terus mengalir ke baterai dan dapat menimbulkan komponen pada baterai laptop sobat lebih cepat mengalami kerusakan. Hindari ketika mengecas lalu ditinggal pergi lama atau tidur.

Bukan saja baterai kalau dari pengalaman ngadimin sendiri. Pernah tuh ngadimin biarin eh akhirnya terbakar deh motherboard dan baterainya rusak total. Jadi buat pengalaman sobat bisa belajar dari ngadimin aja ya. Yakin berat dan pembetulannya cukup mahal cuy.

  • Memakai Kabel Cas Laptop Asli

Solusi yang tepat untuk baterai laptop sobat lebih awet dan tahan dalam waktu lama bisa nih dengan menggunakan kabel baterai yang original dari pabriknya si laptop. Memang hal kecil seperti sering banget tidak disadari. Akan tetapi bisa memberikan fakta yang tidak pernah kita bayangkan.

Kenapa hal kecil ini kami sampaikan kepada sobat. Pasalnya pada kabel KW akan mengakibatkan arus listrik yang mengalir tidak stabil. Alhasil baterai laptop rentan rusak akibat lonjakan aluran listrik yang terlalu kecil dan besar.

  • Update Software Berkala

Pembaruan pada aplikasi/software dengan berkala memang tidak salah. Namun hal ini akan menjaga kualitas baterai menjadi awet. Secara tidak langsung dari segi kemampuan dan performanya akan memperbaiki bug sehingga dipercaya membuat baterai lebih panjang usianya. Karena sebagian besar perusahaan laptop sudah melakukan uji coba seperti ini.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi daya. Semoga dengan adanya wawasan baru dari kami ini bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply