2
17

√ Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang/Macet

Cara mengatasi laptop hang tidaklah serumit menjalani hubungan percintaan kalian, nah kan gitu aja langsung baper. Santai aja kali buat anak muda nih khususnya agar bisa mengatasi cukup dengan mengetahui dasar-dasarnya terlebih dahulu. Meskipun sobat sangat awam bila mau belajar pasti bisa kok. Karena dari itu terus berkembang dalam pengetahuan dan pengalamannya.

Apalagi zaman teknologi semakin canggih kan, andai kita tak mau mengikuti arus dapat dipastikan deh bakal ketinggalan kereta, ups salah maksud kami pengetahuannya. Kalau ingin hidupnya santai ya teruskan saja rebahan dan jangan semangat, bukankah begitu sobat?

Dalam kesempatan yang mulia ini kami akan mengupayakan bagaimana teknik jitu untuk memperbaiki laptop yang hang baik dari sekala ringan dan berat. Teruntuk sobat yang pekerjaannya menggantungkan komputer dan laptop. Alangkah baiknya simak terus penjelasan kami dibawah ini dengan seksama ya sobat semuanya.

Penyebab & Cara Mengecek Laptop Hang

cara mengecek laptop hang

Hal yang sering menyebabkan laptop macet atau ngehang salah satunya virus. Jadi sebenarnya tidak hanya satu atau dua saja yang menjadikan laptop/komputer hang.  Oleh hal tersebut sobat harus mengetahui faktor-faktornya agar bisa mengantisipasinya.

  • Sedikitnya Ruang Memory

Faktor pertama yang bisa sobat lakukan dengan mengecek kapasitas daya penyimpanan file memory laptop. Karena pada umumnya ini bisa dijadikan indikikasi yang umum bagi pemilik laptop. Semakin sedikitnya ruang penyimpanan tentu akan memberikan dampak laptop macet ataupun hang.

Biasanya kapasitas laptop yang RAM 4 GB hanyan mampu menjalankan beberapa program saja. Andai dipaksa hasilnya akan menjadi lemot performa laptop. Bila terus menerus tanpa memperhatikannya jelas merusak motherboard laptop sobat. Maka dari itu sebelum semuanya terjadi sebaiknya sering-sering mengeceknya.

  • Aplikasi Terlalu Banyak

Banyaknya aplikasi yang di install, secara otomatis penyimpanan hardisk semakin penuh. Dapat dipastikan ketika kapasitas semakin sedikit akan mempengaruhi performa laptop baik lemot bahkan menyebabkan kerusakan fatal.

Oleh dari itu kami menyarankan agar menginstall program yang sungguh-sungguh sobat butuhkan saja. Selain memenuhi kapasitas adanya aplikasi yang tidak digunakan akan menjadikan laptop ngehang.

  • File Temporary Terlalu Banyak Disimpan

Dengan banyaknya file temporary yang disimpan kurun waktu yang lama juga bisa menjadi faktor laptop hang. Alangkah sebaiknya sobat untuk semakin ruting mengecek file-file yang tidak berguna yang ada di memory laptop senantiasa menghapusnya. Alhasil sobat bisa menggunakan laptop dengan kinerja yang maksimal.

  • Virus & Malware/Spyware

Seperti yang kami jelaskan diatas bahwasannya adanya malware atau virus sering kali mengganggu laptop bekerja. Datangnya virus memang sulit untuk dideteksi. Karena bersarangnya virus dan sejenisnya bisa merusak dan membuat aplikasi berjalan dengan sendirinya. Bahkan ada pula yang bisa menghilangkan file-file yang ada didalam laptop sobat.

Sebagai pengetahuan kepada sobat semuanya agar hal yang tidak kita inginkan terjadi pada laptop di rumah. Sobat semuanya bisa mengantisipasinya dengan cara menginstall antivirus. Selain itu sobat bisa mengenali jenis-jenis virusnya agar semakin berpengalaman lebih banyak.

  • Hardware Bermasalah

Siapa sangka kalau hardware pun bisa bermasalah dan menyebabkan laptop sobat performanya menjadi lemot dan hang. Hal ini umumnya dikarenakan hardware overheat baik pada VGA, CPU, hardisk dan prosesornya.

Guna CPU laptop dapat berlajan dengan mestinya, sobat harus memperhatikan dari sirkulasi udaranya yang baik. Bahkan komponen lainnya agar optimal tentu mengindahkan penggunaan dan peletakannya. Biasanya yang sering terjadi yakni low space hardisk entah error dan terfragmentasi bahkan pemakaian dalam jangka panjang.

  • Jaringan Konektivitas Terdapat Masalah

Tingginya traffic jaringan juga bisa menyebabkan laptop hang, bahkan tanpa disadari virus ada yang berupaya masuk ke sistem laptop. Cara yang tepat untuk mengantisipasinya yaitu me-restart switch dan menggunakan port scanner sehingga sobat bisa melihat data yang keluar masuk dari laptop tersebut.

Cara Mengatasi Laptop Hang

teknik mengatasi laptop hang

 

Sobat pasti kebingungan dalam menangani permasalahan seperti ini. Agar bisa melakukannya dengan mudah sobat bisa mengetahuinya dengan langkah-langkah berikut ini. Tips ini dapat diaplikasikan untuk mengatasi laptop hang entah saat booting, not responding baru dinyalakan dan lain-lain.

Apabila sobat berhasil umumnya akan bersifat sementara waktu saja dan dapat menyerang lagi sewaktu-waktu. Maka dari itu sebaiknya sobat memperhatikan teknik dibawah ini yang akan kami bagikan.

Cara Mengatasi Laptop Ngehang Ketika Masuk Bios/Booting

cara mengatasi laptop hang saat BIOS

  • Langkah pertama restart laptop sibat, kemudian masuk ke mode bios. Karena setiap laptop mempunyai tombol yang beda-beda maka saat akan masuk sesuaikan dengan merk laptop sobat.
  • Kemudian masuk ke bagian tampilan BIOS, pilihlah Advence BIOS Features lalu cari yang berkaitan BIOS Chace. Bila sudah maka (Disable) pilihan yang dilakukan.
  • Terakhir simpan yang sudah dilakukan sobat dengan menekan F10 dan enter.

Cara Mengatasi Laptop Hang Ketika Bermain Game

cara mengatasi laptop hang

Bagi sobat pengguna laptop sebagai media game dan saat ini kebingungan memperbaiki hang yang dengan cara berikut. Akan tetapi sebelum ke tahap tersebut sobat bisa mengetahui faktor-faktornya, antara lain sebagai dibawah ini :

  • Spesifikasi laptop kurang mumpuni
  • Terlalu banyak program yang di install
  • Kipas laptop macet/mati
  • Hardisk bermasalah
  • Prosesor terlalu panas
  • RAM sudah terlalu lama dan mengalami kerusakan

Sedangkan untuk mengatasi hal-hal yang menyebabkan laptop gamming sobat hang dengan berikut :

  • Menginstall game yang sesuai kapasitas laptop
  • Menambahkan kipas eksternal guna mengurangi panasnya prosesor laptop
  • Memeriksa keadaan hardware laptop dengan berkala
  • Uninstall game yang digunakan tersebut.

Tips Mengatasi Laptop Error Not Responding

cara memperbaiki laptop not responding

Nah dalam tutorial yang ketiga ini biasanya sudah sangat membingungkan para pemilik laptop. Bagaimana tidak jika laptop sudah tidak bergerak atau tidak merespon yang dilakukan oleh pemiliknya. Namun jangan khawatir kami akan memberikan solusinya sebagai berikut :

  • Tekanlah CTRL + SHIFT + ESC, berikutnya pilih program not reponding dan tekan End Task.
  • Langkah kedua yakni sebagai jalan alternatifnya coba kembali menekan CTRL + ALT + DEL opsi yang dipilih salah satunya saja. Andai mau mematikan program, pilihlah Task Manager dan lakukan seperti yang dijelaskan diatas.
  • Bila sudah diaplikasikan, umumnya laptop akan kembali normal seperti sedia kala.

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Dinyalakan

cara mengatasi laptop hang saat dinyalakan

Laptop error atau lemot biasanya tidak terjadi ketika sobat sudah masuk ke windows. Tetapi terkadang juga bisa saja disaat sobat menyalakan atau yang bisa disebut proses booting. Untuk mengatasinya bisa dengan cara berikut :

  • Pertama-tama masalah yang pada program windows. Dapat disebabkan oleh missing file system, virus dan corrupt. Maka dari itu cobalah untuk scan registry dengan tekni CCleaner dan scanning memakai antivirus.
  • RAM laptop dan kipas sudah terkontaminasi debu/kotoran yang banyak. Sebagai solusi yang tepat yaitu membersihkannya RAM memakai kuas, vacum cleaner ataupun penghapus karet. Jika takut semakin parah bisa membawanya ke tempat service laptop.
  • Jika masih belum kembali normal. Kemungkinan besar juga disebabkan oleh motherboard yang bermasalah. Apabila ingin memperbaiki dengan sendiri alangkah baiknya sobat menanyakan kepada teman/orang yang lebih berpengalaman. Andai tidak bisa ya solusinya bawa ke tempat service.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan bagaimana cara mengatasi laptop hang, semoga dengan adanya pengetahuan baru ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimaksih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply