63

√ CMS WordPress Adalah : Sejarah, Tujuan & Fungsinya

CMS WordPress merupakan salah satu aplikasi dengan basis open source yang memiliki peran penting dalam pengelolaan sebuah website. Jika dahulu membuat blog/website membutuhkan kemampuan coding yang bagus.

Maka dari itu muncul cms wordpress yang didirikan dengan bahasa pemograman PHP, dengan kemajuan zaman munculah karya yang sangat indah ini. Sehingga kini kita bisa menikmati membuat website dengan mudah dan cepat.

Kehadiran wordpress sangat bermanfaat sekali untuk banyak orang, karena keunggulan yang ditawarkan tidak hanya dari sisi balik layarnya saja. Mari simak penjelasan detail di bawah berikut ini :

Pengertian CMS WordPress

Pengertian CMS wordpress

Awal mula perkembangannya ialah pada tahun 2001. Dahulu orang-orang mengetahui bernama B2 atau cafelog, kala itu pengguna-nya sekitar 2000 user di tahun 2003 tepatnya bulan Mei. Masa itu masih menggunakan bahasa pemograman MySQL dan PHP dilengkapi lisensi General Public Licence (GPL).

Di bulan Mei tersebut wordpress versi pertama kali mengembangkan cafeblog resmi yang di rilis dan dilanjutkan dengan codex.wordpress atau wiki yang diperkenalkan bulan Desember. Nah disitulah nama wordpress meningkat secara signifikan.

Baca Juga : Rekomendasi Website Untuk Belajar Coding Mudah

Akhirnya di tahun 2004 wordpress memperbarui secara besar-besaran seperti halnya multiple category, edit link, interface dan lain-lainnya. Program wordpress di tambah lagi yakni pada bulan Mei 2004 dengan merilis versi ke 1.2 yakni penambahan fitur terbaru arsitektur plugin terbaru, post rivew, moderasi komentar dan masih banyak lainnya.

Seiring bertambahnya tahun dan pengguna-nya wordpress versi 1.5 diyakini masa puncak peningkatan user terbanyak, setidaknya sudah ada 900 ribu lebih. Itu baru tahun 2005 terus sekarang berapa ya? Tidak usah tanya pastinya ada 1 Juta lebih lah sob.

Tujuan CMS WordPress

Tujuan CMS WordPress

https://kinsta.com/

CMS ialah singkatan dari Conten Manajement System yang berupa perangkat lunak yang salah satu fungsi utamanya mengatur konten website dengan tujuan supaya lebih mudah dalam mengelola website. Berikut ada 2 hal yang harus kalian ketahui mengenai elemen penting pada CMS, yaitu:

  • Content Management Application atau CMA adalah aplikasi manajemen konten yang fungsi utamanya sebagai ujung tombak dari CMS.

Dengan adanya desain antar muka CMA sangat mungkin untuk pengguna mengelola dan membikin konten pada website tersebut. Kelebihan yang bisa dirasakan kini sudah suport user friendly sehingga mudah digunakan meskipun pemula.

  • Content Delivery Application atau bisa dikatakan sebagai aplikasi pengiriman konten, DCA ini berfungsi menggantikan seorang administrator website. Secara tidak langsung dengan aplikasi ini bisa mengerjakan seluruh yang ada dibalik website.

Jadi CDA ini sebagai backend dari website. Salah satu kinerja daripada elemen CMS ini tatkala sobat ingin mempublish sebuah artikel dengan klik “PUBLISH” pada halaman post CDA akan melakukan tugasnya dibelakang tombol publish itu, alhasil artikel sobat bisa menampilkan sempurna di pencarian di internet.

Ternyata CMS wordpress ini sudah terbukti di seluruh dunia, hal ini karena bisa mencapai 63,2% dari total CMS yang ada. Informasi ini kami dapatkan dari data statistik di w3techs.com

Fungsi CMS WordPress

Fungsi CMS WordPress

Perlu diketahui bahwasanya banyak keuntungan yang bisa sobat dapatkan apabila menggunakan CMS wordpress pada website yang di kelola-nya. Tidak sedikit yang sudah mengaplikasikan fitur ini. Berikut ada beberapa keuntungan dan fungsinya :

  • Memudahkan dalam mengelola konten
  • Menghemat waktu dan biaya pembuatan konten/website
  • Lebih mudah untuk SEO
  • Desain dan konten terpisah
  • Level akses user
  • Bisa untuk mengelola website pribadi, perusahaan, klien, dan komunitas
  • Aplikasi E-commerce
  • Meringankan kepada pengelola untuk mengetahui informasi pada servernya yang sifatnya teknis.

Kelebihan CMS WordPress

Kelebihan CMS WordPress

Terdapat kelebihan yang akan sobat rasakan jika menggunakan CMS wordpress daripada yang lainnya, inilah versi dari kami :

  • Bersifat Gratis

Salah satu nilai plus dari menggunakan CMS ini ialah gratis, sehingga pas banget bagi sobat yang baru saja memulai membuat website. WordPress menyediakan 2 versi untuk membuatnya yakni berupa blog/gratis dan ekstensti domain TLD.

Contohnya yang gratis domaingratis.wordpress.com sedangankan yang berbayar udfauzi.com, untuk yang TLD sobat mesti menyiapkan hosting untuk menginstal-nya.

  • Sangat Fleksibel

Maksud kami ini wordpress berupa fleksibel dikatakan guna berbagai keperluan semestinya salah satunya untuk website pribadi, perusahaan, toko online dan company.

  • Menjamin Keamanan Data

Selain mendapatkan predikat yang terbaik dan terbesar pengguna-nya CMS ini juga menjamin keamanan data yang bisa di katakan terbaik. Sudah banyak hacker yang berusaha mencari celah untuk menyadap yang di miliki oleh wordpress.

Akan tetapi aplikasi ini selalu sigap dan serius melakukan update secara rutin supaya seluruh pengguna-nya merasakan kenyamanan dan keamanan dari tindakan kriminal.

  • Mendukung Untuk SEO

Tersedianya plugin yang banyak khususnya untuk SEO sangat kami rekomendasikan menggunakan wordpress karena bahasa lebih mudah dipahami dan dipelajari.

Apalagi plugin dalam wordpress banyak yang gratis sehingga banyak yang merasakan manfaatnya. Di sisi lainnya juga berdampak positif untuk meningkatkan konten yang sobat publish. Apabila ingin membandingkan sudah jelas CMS WordPress paling suport untuk bermain SEO.

  • Menyediakan Banyak Tema/Themes

Selain hal-hal diatas, ternyata menyediakan themes yang jumlahnya tak terhitung dan bisa didapatkan secara gratis. Tanpa mengerti bahasa coding untuk mendesain website agar lebih nampak sempurna.

Hanya dengan mengganti themes saja maka secara otomatis sudah bagus, hanya saja peletakan, warna, header footer saja sesuaikan dengan keinginan sobat.

Demikianlah rangkaian informasi tentang CMS WordPress yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan adanya ini bisa bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply