5
20

√ Cara Riset Keyword Kata Kunci Blog & Website Potensial

Cara riset keyword untuk blog/website ialah membutuhkan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk target yang sudah ditentukannya. Sebagai blogger tentunya hal ini wajib untuk diketahui setiap orang.

Apalagi untuk bersaing di halaman pertama google tidak serta merta menulis & publish auto page one. Tidak semudah itu sobat, perlu bekal pengetahuan seputar SEO yang contoh mudahnya optimasi on page dan off page.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini admin akan sharing mengenai riset keyword berdasarkan pengetahuan kami. Jadi simak terus artikel ini hingga selesai supaya mengetahui dengan detail. Antara lain sebagai berikut :

Apa Itu Keyword?

cara rsiet keyword

Keyword adalah (kata kunci) yang merupakan susunan kata yang kerap kita tulis/ketik tatkala mencari informasi dari internet. Dengan adanya kata kunci ini memudahkan kita semua untuk mengetahui informasi yang tepat sehingga tidak membuang waktu.

Selain hal itu kata kunci sangat bermanfaat dalam dunia khususnya perkembangan teknologi. Alhasil sistem google/bing dan sejenisnya dengan mudah memetakan sesuatu yang benar-benar sedang dicari.

Apalagi sekarang di Indonesia terdapat website/blog yang membantu pengetahuan yang bisa disampaikan dengan tulisan/artikel/video. Nilai plusnya adalah membantu semua orang di dunia yang belum mengetahui pengetahuan dari internet.

Adapun jenis-jenis keyword yang dibedakan menjadi 4 seperti short tail, keyword abadi, long tail dan kata kunci musiman. Untuk sobat yang menggeluti bidang website, mungkin informasi dibawah ini wajib diterapkan ketika memfilter kata kunci.

Pertimbangan Ketika Riset Keyword Blog/Website

point penting ketika riset keyword

Sebelum mencari kata kunci yang tepat alangkah baiknya build niche website/blog lebih spesifik. Tujuan utamanya ialah target para pengunjung yang benar-benar sobat inginkan. Sisi lainnya juga mempermudah sobat ketika kehabisan ide untuk membuat artikel dalam waktu panjang.

Maksud kami bukanlah menggurui melainkan memberikan pengalaman berdasarkan yang sudah dialami. Maka dari itu jangan sampai sobat juga merasakan hal yang tak diinginkan. Berikut beberapa point yang harus sobat pikirkan 2 kali sebelum menentukan keyword di kontennya.

Jumlah Pencarian Bulanan

Hal pertama yang mesti diketahui ini adalah volume pencarian. Kenapa ini patut gali lebih dalam? Sebab kata kunci ditentukan seberapa banyak yang  mencari di google selang waktu 30 hari.

Jadi dengan hal diatas setidaknya membuat pertimbangan yang benar-benar matang, alhasil target konten kita sudah masuk page one google bisa mendapatkan pengunjung yang di inginkan. Contoh mudahnya “Contoh Kata Kunci” setiap bulan diketika/cari kurang lebih 590 orang. Setidaknya ini data kurun dari 30 hari ada yang mencari contoh kata kunci di google berjumlah 590 kali.

Tingkat Kesulitan Keyword

Sebagai pemili website tentunya juga ingin menangkring di halaman pertama google dong, maka dari itu langkah kedua ini disebut dengan keyword difficulty. Biasanya dibagian bawah pencarian kita akan menemukan perbandingan jumlah halaman berupa 0-100.

Apabila semakin banyak otomatis juga untuk bersaing dihalaman pertama bukanlah perkara mudah. Untuk mendongkrak posisi yang bagus di mata google pun harus konten yang bagus serta kekuatan backlink yang tidak main-main.

Target/Sasaran Kata Kunci

Selain adanya keyword utama cara ketiga ini pun harus ada kata kunci berkaitan salah satunya turunannya, contohnya “Domain Hosting Murah” “Harga Hosting Unlimited” “Cloud Hosting Murah” dan masih banyak lainnya.

Biasanya ketika membuat artikel ada beberapa jenis kata kunci yang mendukung dari keyword utama yakni long tail keyword. Penggunaan long tail ini akan lebih menarik bagi para pengunjung untuk mendapatkan informasi lebih detail dan lengkap.

Search Engine Result Page (SERP)

SERP ini akan menunjukkan jumlah halaman dengan kata kunci tersebut dalam google supaya mendapatkan keyword akurat seperti ini. Yakni cukup menambahkan (allintitle://ketik keywordnya). Robot google akan memberikan halaman yang betul-betul memakai kata kunci yang sobat cari.

Selain hal itu fungsinya adalah mengetahui website yang berkualitas atau masih mudah persaingannya secara kekuatan on page dan off page-nya. Demikianlah beberapa tips mengenai pertimbangan untuk mengambil keyword yang sobat bidding.

7 Tools Riset Keyword Gratis & Berbayar

tutorial mencari kata kunci

Mungkin pengalaman sobat sudah terbiasa menggunakan berbagai atau hanya mengaplikasikan 1-2 alat riset keyword saja untuk perbadingannya. Adapun aplikasi cara riset keyword simpel dengan layanan gratis serta berbayar, antara lain sebagai berikut :

Keyword Surfer

contoh alat riset

Ini adalah cara riset keyword berupa ekstensi gratis yang akan membantu kita semua dalam melihat jumlah pencarian dari setiap kata kunci secara langsung. Dengan adanya tools gratis ini tidak hanya menampilkan search volume saja melainkan, CPC beserta artikel yang sednag di cari.

Keuntungan ketiga yaitu menampakkan halaman dengan jumlah kata, keyword dan estimasi jumlah traffic bulanan dari website tersebut. Dengan adanya fitur ini akan lebih memudah mencari target keyword mudah ataupun kompetitor tinggi.

Ubbersuggest

ubbersuggest

Contoh kedua ini ialah tool riset keyword yang menawarkan fitur gratis dan berbayar akan tetapi sama-sama sudah cukup lengkap dari versi gratisnya. Langkah pertama yakni cukup mendaftar dan bisa langsung menggunakannya.

Alat yang sangat bagus sebagai bahan riset, pasalnya kita bisa menggunakan untuk negara tertentu sesuai apa yang hendak di inginkan. Berdasarkan segi kelengkapan fitur sudah mendukung Ide keyword, realeted, ide konten bahkan mengecek website yang salah satu halaman mendapatkan pengunjung terbanyak setiap harinya.

Bagaimana sobat apakah tidak tertarik menggunakan alat ini untuk mencari ide keyword website-nya? Jika masih kurang suka, simak terus artikel ini dengan seksama ya.

KWFinder

tools riest gratis

Software atau website yang merupakan salah satu dari sekian banyak alat untuk mencari kata kunci dan analisis data. Fitur yang disediakan berupa free trial baru lanjut ke premium andaikan sobat sudah cocok dengan tools ini.

Masa trial hanya berlaku selama 10 hari, itupun juga terbatas hanya beberapa kali mencari keyword setiap harinya. Ya lumayan sih daripada enggak bisa mencari kata kunci sama sekali kan.

Google Trend

contoh google trend

Siapa yang tidak mengenal fitur ini? Ya benar selain menyediakan mesin pencarian Google memberikan solusi ramah pengeluaran yakni alat untuk riset keyword yang bernama google trend. Uniknya lagi layanan ini disedikan secara gratis.

Untuk mengatur target yang hendak dicari cukup mengganti sesuai wilayah yang sobat targetkan. Misalnya Indonesia target utamanya jadi nanti akan menampilkan kata kunci yang sedang naik diberbagai wilayah tanah air.

Grafik pergerakan keyword tersebut akan terus terpantu jadi selama beberapa apakah naik atau turun popularitas keyword tersebut. Jadi sobat bisa mempertimbangkan apakah lebih bagus shot tail ataupun long tail.

Keyword Planner

aplikasi riset kata kunci gratis

Alat ini akan membantu sobat semua untuk mencari kata kunci penelusuran dari google selama 1 bulan. Bahkan juga memakainya dengan gratis guna menemukan relevansi/terkait perkiraan pencarian dan kesulitannya.

Bahkan sobat yang ingin membangun bisnis online dengan tambahan iklan bisa juga menggunakan aplikasi ini untuk riset data-data terbarunya bahkan estimasi yang harus dikeluarkan.

Google Realeted Search

keyword realeted search

Mungkin kita sering menjumpai contohnya, akan tetapi belum mengatahui fungsi secara detailnya. Jadi adanya GRS ini biasanya menampilkan beberapa keyword yang serupa dengan yang diketik, akan tetapi contohnya bisa berupa kelengkapan dari kata kunci tersebut.

Meskipun tidak semuanya ada jumlah pencarian di google setidaknya 2-3 dari sekian ada yang bisa kita masukkan untuk membuat artikel. Jadi akan bermanfaat untuk menambah informasi yang hendak disampaikan dengan artikel.

SEMrush.com

website cara riset keyword

Tidak ketinggalan juga keyword tools ini bernama SEMrush. Sebelum tancap gas sobat pastikan sudah mendaftarkan dengan gmailnya terlebih dahulu sebagai anggota yang versi gratis.

Setidaknya software ini sudah digunakan 6 juta pakar pemasaran di dunia dan 20 juta kata kunci. Jadi kami rasa cukuplah sebagai bahan pertimbangan riset keyword untuk mengisi konten dalam blog/website sobat.

Ahrefs Tools

website cek keyword

Ahrefs ialah tools SEO yang sudah terkenal dengan ke akuratan datanya, bahkan setiap 3 hari sekali juga diupdate sehingga para pakar profesional website menggunakan alat ini. Fitur yang ditawarkan ialah melihat jumlah pencarian, Keyword Difficulty, Backlink, DA, PA dan masih banyak lainnya.

Jadi alat untuk riset ini berbayar, bila sobat merasa keberatan pun juga bisa patungan dengan kawan lainnya supaya jadi lebih murah. Mau membeli ataupun mendaftarkan secara pribadi itu hak sobat semua. Ambilah yang paling gampang saja.

Manfaat Riset Keyword

manfaat dari riset

Sudah sepantasnya sebagai blogger sejati mengetahui riset keyword yang bertujuan mengetahui topik apa saja yang paling banyak dicari orang-orang melalui mesin pencarian. Jadi keterkaitan website sobat akan lebih meningkat sesuai target yang sudah ditentukan.

Bahkan juga memudahkan ketika kehabisan ide sobat tanpa pikir panjang sudah mengetahui alurnya akan bagaimana dan manfaatnya apa untuk blog sobat. Adapun beberapa manfaat dari cara riset keyword, antara lain sebagai berikut :

  • Menentukan Niche & Ide Konten
  • Target pengunjung
  • Mengetahui jenis-jenis keyword
  • Tingkat kesulitan bersaing papan atas google
  • Cara mengindek lebih cepat
  • Tatanan artikel lebih terstruktur
  • Cara optimasi konten
  • Meningkatkan bisnis dan penghasilan bulanan

Jadi bila dijabarkan sebenarnya sangat banyak sekali, dengan contoh diatas setidaknya akan mengubah cara berpikir sobat untuk tambah pengetahuan dari yang lebih berpengalaman.

Contoh Keyword

contoh keyword adalah

Dari pemaparan diatas mungkin masih ada yang kebingungan apa sih yang dinamakan keyword dan contohnya seperti apa? Supaya sobat tidak bingung, simak lagi penjelasan kami dengan detail supaya mengetahui contoh keyword.

Sebagai contoh saya mengetik di google dengan kalimat “Peternak Kambing Jogja” jadi ketiganya ini yang di maksud keyword. Andikan mengetik kambing jogja pun juga sama-sama keyword. Alhasil tak hanya 1,2,3 kata saja yang namanya keyword ya sobat.

Demikianlah rangkaian informasi seputar cara riset keyword untuk blog/website versi udfauzi yang bisa disampaikan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply