173

√ Customer Service Adalah? Inilah Tujuan dan Tugasnya

Customer Service Adalah segala kegiatan yang khusus memberikan kepuasan baik melalui pelayanan dan pemecah masalah pada kliennya. Jadi dengan adanya CS ini menjadi jalan alternatif yang jitu ketika kita mengalami kesalahan dalam bidang apapun.

Misalnya sobat sebagai pedagang yang cukup sukses, jika tidak adanya customer service bagaimana para pembeli bisa mengungkapkan pelayanan dan respon dari pihak penjual.

Maka dari customer service ini sangat dibutuhkan baik skala kecil dan besar, supaya pelayanan kita bisa dilihat perkembangannya. Ya sudah mari kita simak bersama-sama ulasan yang lebih jelas dan detail, antara lain sebagai berikut:

Pengertian Customer Service Adalah?

customer service ialah kegiatan yang tujuan utamanya memberikan kepuasan dengan pelayanan yang diberikan seseorang kepada kliennya untuk menyelesaikan masalahnya. Pelayanan yang diberikan berupa masalah, keluhan yang dihadapi para customer.

Berikut ini ada beberapa contoh pendapat menurut para ahli :

Customer Service Menurut Para Ahli

customer service menurut para ahli

Haksever (2000)

Dirinya menyatakan bahwa pelayanan atau jasa (service) merupakan kegiatan ekonomi yang menghasilkan tempat, waktu dan manfaat psikologis.

Philip Kotler (2002,143)

Menurut beliau pelayanan/service ialah setiap kegiatan yang memberikan manfaat kepada suatu pihak pada pihak lainnya. Pada dasarnya tidak berupa wujud dan tak mengakibatkan kepimilikan suatu produksinya bisa atau tidak bisa dikaitkan dengan produk pisik.

Kasmir (2003,216)

Pengertian customer service secara umummnya “Setiap kegiatan yang diperuntukan atau ditujukan guna memberikan kepuasan pada kliennya, bisa berupa pelayanan yang memenuhi segala permasalahan pelanggan.

Apa Itu Pekerjaan Customer Service?

Apa Pekerjaan Customer Service

Pekerjaan utama yaitu melayani semua pelanggan atau membeli dari yang bersangkutan. Contohnya pada toko swalayan biasanya klien akan memberikan respon jika terjadi kesalahan harga, uang kembalian dan produk yang cacat.

Maka dari itu pekerjaan sebagai customer service memberikan pelayanan yang maksimal supaya pembeli  tersebut merasakan kepuasan dari masalah yang terjadi.

Baca Juga : √ Pengertian UMKM & Tujuan Utamanya 

Sebagai customer service memberikan pelayanan tidak harus dengan bertatap muka jadi bisa secara online dengan memberikan arahan yang sesuai pembeli inginkan.

Tugas Customer Service Adalah

tugas customer service

  • Memberikan pelayanan berupa pembicaraan yang baik dapat berupa langsung dan via telepon. Misalnya informasi layanan seperti pesanan pelanggan, disisi lain juga harus mencatat semua keluhan dari pelanggan supaya bisa dievaluasi lagi.
  • Memberi solusi yang terbaik dari semua keluhan yang diajukan oleh pelanggan seperti retur, resi dan pergantian barang pelanggan
  • Melindungi seluruh transaksi, komentar, pertanyaan keluhan dari konsumen
  • Memberi informasi yang aktual dan meyakinkan bahwa permasalahan konsumen akan segara terselesaikan dengan bijak.
  • Jangan memberikan keputusan secara sepihak, agar pelanggan merasakan kepuasan
  • Melayani dengan baik, sopan dan ramah alhasil anda bisa membedakan antara masalah pribadi dengan perusahaan yang dijalani.
  • Adanya faktor sarana dan prasarana untuk mendukung kecepatan, ketepatan dan keakuratan pekerjaan customer service

Customer Service Bank?

Lantas apa saja tugas dan tanggungjawab sebagai customer service? Berikut ada beberapa referensi mengenai pekerjaannya:

  1. Memberi layanan yang terbaik kepada semua nasabah. Pelayanan tersebut disesuaikan dengan perusahaan.
  2. Menjelaskan kepada klien atau calon mengenai produk yang tersedia maupun persyaratan yang berlaku.
  3. melayani nasabah dan memberikan solusi yang sesuai yang dialami oleh nasabah.
  4. Mengevaluasi segala permasalahan klien baik berupa tabungan, deposito dan lain-lainnya.
  5. Memberi penawaran yang menarik dan bisa dipertanggungjawabkan oleh bank tersebut.
  6. Pembinaan kepada nasabah supaya hal yang tidak diinginkan terjadi dan memperkecil keluhan pada bank.
  7. Meyakinkan tingkat keamanan keuangan kepada nasabah agar bisa menambah nasabah baru.
  8. Melayani dengan ramah, sopan jika terdapat nasabah yang hendak pindah ke cabang lainnya.
  9. Menjaga privasi pelanggan baik berupa nomor rekening dan kata sandi.

Demikian penjelasan baik tugas dan tanggungjawab sebagai customer service bank agar pelanggannya merasakan kepuasan dan kenyamanan.

Tujuan Customer Service Adalah

Tujuan paling utama dari customer service yaitu menyediakan layanan berkualitas baik supaya konsumen/pelanggan/klien merasa puas dan memberikan dampak positif kepada perusahaan.

Selain itu customer service berfungsi sebagai :

  • Resepsionis, yakni penerima tamu yang datang ke perusahaan. Disini tamu bisa siapa saja baik pelanggan, calon atau pihak-pihak lainnya.
  • Salesman, tugas dari salesman ialah menjual produk kepada pelanggan atau calonnya, juga bisa menjelaskan dari produk tersebut. Gunanya calon pembeli tertarik sehingga membeli.
  • Deskman. yakni bertugas sebagai orang yang melayani beragam permohonan yang diajukan pelanggan seperti formulir ataupun persyaratan yang dibutuhkan.
  • Komunikator, yaitu sebagai penghubung antara perusahaan dengan pelanggan bahkan pihak yang lain. Fungsi dari CS ini memberikan seluruh informasi yang memiliki keterkaitan perusahaan dengan pelanggan.

Gaji Customer Service

Gaji Customer service

Hasil observasi kami rata-rata gaji di Indonesia staf customer service setiap tahunnya Rp. 45,894,000. Sedangkan tiap bulannya para pekerja bisa mendapatkan upah sebesar Rp. 3,824,500.

Itu belum hasil informasi gaji yang diterima seperti ibu kota negara, beberapa perusahaan besar yang beredar bahwa customer service bisa mendapatkan gaji diatas Rp. 6,822,238 .

Jika sobat ada yang berminat menekuni pekerjaan ini pastikan gaji yang akan diterima sudah jelas diawal kontrak kerja. Hal ini untuk menghindari kesalahan komunikasi dengan perusahaan.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan kepada sobat. Semoga dengan adanya ini sangat membantu dan bermanfaat. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply